• Post Title

    Category

    Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s,when an unknown printer...

    Buton

  • Film Pirates of Silicon Valley ini merupakan suatu film tentang perseteruan Steve Jobs (Apple) & Bill Gates (Microsoft) dari sudut pandang orang-orang terdekat dari Steve Jobs dan Bill Gates.
    Diceritakan bagaimana Gates dan Steve memulai segalanya dari bawah. Pada 1975, Gates dan rekannya Paul Allen mendirikan Microsoft. Dan pada 1976, Jobs dan rekannya Steve Wozniac mendirikan Apple IncSalah satu aspek tematik pusat skenario adalah representasi dari Steve Jobs muda, yang saat turut berpartisipasi dalam aspek tandingan tahun 1960-an, menafsirkan perannya dalam cara yang berbeda.  

    Film yang memperlihatkan bagaimana dua kubu ini saling bersaing hingga akhirnya Bill Gates keluar menjadi juaranya serta menjadi orang terkaya di dunia karena perangkat lunak untuk komputer yang dibuatnya. Bill Gates dan Steve Jobs merupakan dua karakter tokoh utama yang sangat berbeda dimana masing-masing memiliki trik tersendiri untuk meraih kesuksesannya. Persaingan antara kedua kubu ini sangat sengit. Belum lagi ketika mereka masing-masing bertemu dengan perusahaan-perusahaan komputer lainnya. Kalimat pembuka diatas adalah gong dari film ini, dimana Bill Gates menjatuhkan citra Steve Jobs didepan para ‘pemujanya’. 
     
    Steve Jobs, merupakan seorang pria muda yang sangat berkharisma. Ia memiliki kemampuan persuasi yang handal sehingga banyak pihak yang simpati padanya. Salah satu kalimat yang memmukau dan memotivasi para karyawannya adalah You don’t just be lived in life. You chenge it, you shape it, make your mark upon it! Meski demikian, Steve Jobs memiliki satu kelemahan yang sangat ditampakan dalam film ini. Ia memiliki kontrol emosi yang kurang. Dalam beberapa adegan dimana ia sedang marah, ia tidak mengontrol apa yang ia bicarakan. Selain itu ia merupakan seorang pemimpin yang cukup ambisius. Salah satu adegannya adalah saat ia menyuruh timnya bekerja siang dan malam demi menghasilkan sebuah produk bernama Macintosh, dan saat ia melihat timnya sedang kewalahan dalam menciptakan Macintosh, ia justru marah besar. Hal ini yang menyebabkan para pegawainya memilih untuk keluar dari perusahaannya.
    Bill Gates, seorang mahasiswa drop out dari Harvard University yang bertekad membangun perusahaan Microsoft merupakan seorang yang pantang menyerah dan berani mengambil tantangan. Salah satu kalimat yang dapat dikutip dan menunjukkan bagaimana Bill Gates berani menerima tantangan adalah Make your friends close, and your enemies closer yang merupakan kalimat yang diucapkannya sebelum pada akhirnya ia bernegosiasi dengan perusahaan IBM untuk menggunakan perangkat Windows di komputer-komputer produksi perusahaan besar tersebut. IBM pada saat itu tengah memiliki cakar perusahaan yang besar sehingga tidak heran jika menghadap direksi perusahaan ini berarti menghadap musuh besar yang jauh sudah sangat berpengalaman. 

    Bill Gates berkali-kali mengungkapkan bahwa ‘satu hal yang bisa mengubah dunia dan mengukir sejarah adalah kemauan keras’. Hal ini yang ditunjukkan oleh Bill Gates selama ia membangun perusahaan Microsoft. Berbeda dengan Steve Jobs yang telah menempatkan orang-orang yang berpengalaman dalam bidangnya untuk memperbesar perusahaan Apple, Bill Gates setia dengan teman-temannya. Ia dan dua orang teman lainnya bersama jatuh bangun dan berlari demi mendapatkan peluang untuk mempresentasikan perangkat lunaknya. Satu kalimat yang diucapkan Bill Gates adalah ‘Keberhasilan adalah sebuah ancaman, orang-orang pintar berpikir bahwa mereka takkan terkalahkan karenanya’. Kesadaran mengenai inilah yang menyebabkan Bill Gates cukup berhati-hati dalam mengambil keputusan dan sikap. 

    Menonton film Pirates of Silicon Valley, ada beberapa hal yang perlu dicermati untuk meraih kesuksesan. Pertama, kemauan keras. Dengan adanya kemauan keras, seseorang akan terus terpacu untuk bekerja lebih giat dari yang sebelumnya. Kedua, mengenali lawan. Setiap peperangan tidak harus dengan angkat senjata. Kemampuan persuasu dan diplomasi merupakan salah satu cara ampuh untuk mengetahui kondisi lawan. Hal ini seperti yang dikemukakan Bill Gates ‘make your friends close and your enemies closer’. Kenali lawan agar mampu mengetahui kelemahannya. Ketiga, keberanian. Tanpa hal ini, kemauan keras tidak akan bekerja. Dunia ini bukan dunia tanpa resiko. Penghitungan resiko secara cermat dan mengambil sebuah tindakan secara berani menjadi sebuah catatan penting yang disampaikan dalam film ini. Keempat, pantang menyerah. Setiap manusia pasti pernah mengalami kegagalan. Ketika ia pernah mengalami menjadi seorang yang gagal, maka ia akan memiliki awareness saat menjadi sukses. Hal ini yang tidak dimiliki oleh orang yang merasa dirinya selalu sukses. mengulang kata-kata Bill Gates ‘Keberhasilan adalah sebuah ancaman, orang-orang pintar berpikir bahwa mereka takkan terkalahkan karenanya’. Mempertahankan keberhasilan akan menjadi jauh lebih sulit ketimbang meraihnya. Hal ini yang secara implisit dikemukakan dari kalimat diatas.

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    rss
    rss


    Copyright © 2010 . All rights reserved.Powered by Blogger.